Program Pertanian unggulan non kimia oleh Pakar Pertanian dari USA

IMG_20171109_143239

ummulquro.co.id,-
Dalam rangka meningkatkan mutu pertanian masyarakat dan mendidik santri menjadi manusia potensial, Pondok Pesantren Ummul Quro mengadakan pelatihan pertanian dengan tidak menggunakan pupuk kimia seperti sistem pertanian masyarakat umum, tapi memanfaatkan potensi alam dengan menggunakan pupuk kompos yang bisa ditemukan dari sekitar rumah warga, seperti sampah daun-daun kering maupun yang masih hijau dicampur kotoran hewan ternak.

IMG_20171109_124132

Sistem pertanian yang dipandu oleh dua orang pakar pertanian Amerika dan Australia yaitu Dr. Larry dan Dr. Hume Jephcott ini, belum diketahui oleh petani lokal bahwa hasil panen dari sistem ini lebih melimpah dan hemat biaya operasional karena petani tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli pupuk yang semakin mahal dan langka.

FB_IMG_1510808339883

Menurut Bapak Abdul Malik, sebagai ketua kelompok tani Ummul Quro sistem ini cocok diterapkan di daerah Cangkreng dan sekitarnya karena memang persediaan air bersih sebagai kebutuhan pokok pertanian di daerah ini lebih dari cukup, dan stok persediaan daun-daun kering, sampah organik dan kotoran hewan ternak sangat melimpah bahkan oleh masyarakat yang belum tahu manfaatnya dibuang bahkan dibakar, maka dengan sistem ini semua barang-barang itu menjadi bermanfaat dan dampaknya lingkungan akan bersih dari sampah, sehingga terjadi siklus lingkungan hidup yang bersih, sehat, dan indah. Di dalam Sistem ini juga diajarkan bagaimana caranya memanfaatkan lahan sempit seperti pekarangan rumah, menjadi lahan perkebunan sayur dan buah dengan hasil melimpah.
(bukhoriimam)

IMG_20171109_143726

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *