Wisuda Amtsilati perdana, disempurnakan dengan ziarah WALI

Ummul Quro.co.id,-

Kegiatan wisuda Amtsilati pertama Pondok Pesantren Ummul Quro, ditutup dan disempurnakan dengan ziarah makam para Wali, ziarah ini diikuti oleh santri peserta wisuda pertama yang jumlahnya 17 anak, para asatidz dan dipimpin langsung oleh pengasuh beserta keluarga.

Ziarah wali diawali dari kota Surabaya yaitu makam Raden Rahmatullah Sunan Ampel, sebagai sesepuh Walisongo, dilanjutkan ke Kota Gresik yaitu Makam Raden Ainul Yaqin Sunan Giri dan Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim, kemudian tepat jam 4 sore, rombongan singgah di Makam Raden Qosim Sunan Drajat di bukit Paciran Lamongan.

Agenda ziarah diteruskan ke Kota Tuban, yaitu makam Raden Makhdum Ibrahim Sunan Bonang, sebelum masuk area makam, rombongan beristirahat melepas lelah sambil mandi, makan malam dan sholat jama’qoshor.

Sekitar jam 01.00 dini hari, sesampainya mereka ke Gunung Muria di kabupaten Kudus Jawa Tengah, Jama’ah ziarah wali harus berjuang mengerahkan tenaga dan menahan rasa dingin dengan menaiki tangga panjang untuk sampai ke makam Raden Umar Said Sunan Muria, yang tingginya sekitar 1.000 meter, di puncak gunung Muria, mereka menginap di sana sambil menunggu waktu Sholat Shubuh, untuk masuk ke area makam setelah sholat shubuh berjamaah.

Mereka turun gunung pada pagi buta, dengan menuruni anak tangga berbatu yang licin akibat hujan semalaman, setelah sarapan pagi, Jama’ah melanjutkan perjalanan ke kota Kudus.

Setelah menjalani proses taat tertib peraturan pemerintah setempat yang agak berbelit-belit bagi rombongan peziarah, dan perlakuan oknum petugas tranportasi ke area makam yang kurang ramah, mereka akhirnya sampai juga ke makam Raden Ja’far Shodiq Sunan Kudus.

Tepat tengah hari, saat adzan sholat Jum’at berkumandang, rombongan tiba di makam Raden Syahid Sunan Kalijaga Kadilangu Kab. Demak, karena masih dalam keadaan musafir, mereka tidak mengikuti sholat Jum’at, tapi memilih untuk istirahat sambil menunggu dibukanya area makam karena bersamaan dengan sholat Jum’at di masjid Jami’ Sunan Kalijaga.

Safari Wisata Religi ini ditutup dengan bersilaturrahim mengantar Ustadz Rizqi Saputra ke Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, beliau adalah seorang Guru Tugas dari Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati, yang mengajar Amtsilati di Pondok Pesantren Ummul Quro selama 10 bulan. Di sana mereka dijamu dengan penuh kekeluargaan.

Menurut Ust. Imam Bukhori, sebagai ketua panitia Ziarah, kegiatan wisata religi ini sangat berkesan dan mengasikkan, rasa lelah dan rintangan-rintangan perjalanan tidak terasa bararti bagi para santri, karena niat mereka adalah memohon restu dan barokah para walisongo pelopor Agama Islam di Indonesia, dengan harapan, semoga mereka bisa mempunyai semangat, prinsip, ketekunan, kesabaran dan kesuksesan seperti yang Telah Allah anugerahkan kepada Para Walisongo.
(bukhoriimam)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *