KRONOLOGI PERKEMBANGAN UMMUL QURO DARI MASA KE MASA

ummulquro.co.id,-
Berikut ini, penulis sampaikan Kronologi perkembangan Ummul Quro dari masa ke masa.

– Tahun 1977 :
KH ABDULLAH SCHAL Bangkalan, menginstruksikan kepada KH Thohir muda untuk mendirikan madrasah di Cangkreng Timur Kwanyar Bangkalan Madura, saat beliau pamitan boyong dari PP Syaikhona Kholil.

– Tahun 1991 :
perintah guru bisa terealisasi atas gagasan KH Abdul Aziz (Ayahanda KH M Thohir) sekaligus mewakafkan tanahnya untuk dibangun Gedung Madrasah. Walaupun masih berupa pondasi yg mangkrak hingga 2 tahun.

– Tahun 1993 :
pembangunan Madrasah dilanjutkan dari penggalangan dana sumbangan sukarela masyarakat sekitar dan dari penarikan dana seikhlasnya dari pengguna jalan raya Kwanyar Modung.

– Tahun 1994 :
peresmian Madrasah Ummul Quro oleh KH Mas Manshur Tholhah Sidoresmo Surabaya. sekaligus Haflah imtihan pertama

– Tahun 2004 :
Setelah boyong dari PP Syaikhona Kholil Bangkalan, Al Faqir menambahkan program pendidikan Al Qur’an dan pembacaan Qoshidah Burdah untuk murid Madrasah Ummul Quro.

– Tahun 2005 :
Al Faqir merintis pendidikan formal berupa SMP Terbuka yang berinduk pada SMP NEGERI 1 KWANYAR atas instruksi KH Badrus Sholeh Kwanyar (Ketua MWC NU Kwanyar).

– Tahun 2006 :
Al Faqir merintis pembangunan Musholla Ar Roudhoh bersama masyarakat sekitar, dengan mulai mencetak batu bata sendiri sebanyak 10 ribu Batang, dan pembangunan Musholla rampung pada tahun 2007, atas sumbangan para dermawan dan bantuan Bapak Bupati Bangkalan (RKH FUAD AMIN IMRON)

– Tahun 2007 :
Al Faqir mendirikan Yayasan Ummul Quro dengan mendaftarkan akte yayasan ke notaris.

– Tahun 2008 :
Al Faqir mengajukan ijin pendirian SD Islam Ummul Quro dan SMP Ummul Quro ke Dinas Pendidikan Kab Bangkalan,
walaupun Ijin operasional SD Islam Ummul Quro baru diterbitkan pada tahun 2009 karena terkendala persyaratan yang belum terpenuhi.

– Tahun 2010 :
Al Faqir mendirikan Madrasah Diniyah tingkat wustho dan mendaftarkan ijin operasional madrasah Diniyah Tingkat Awwaliyah dan Tingkat Wustho ke Kementerian Agama Kab Bangkalan

– Tahun 2013 :
Seorang anggota polisi Saudi Arabia menyumbangkan dana untuk merehab dan memperindah Musholla Ar Roudhoh dan melengkapi fasilitasnya.

– Tahun 2014 :
SMP UMMUL QURO mendapat dana bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta, untuk pembangunan gedung selatan berlantai 2.

– Tahun 2014 :
Al Faqir mendapat hadiah pusaka, berupa tanah pusaka dari kamar dalem Syaikhona Kholil dari RKH FAKHRILLAH ASCHAL untuk dicampur dengan tanah Ummul Quro.

– Tahun 2015 :
SD ISLAM UMMUL QURO mendapat bantuan dana dari kementerian pendidikan dan kebudayaan RI di Jakarta untuk merehab gedung lama Madrasah Ummul Quro.

– Tahun 2015 :
KH Mas Ali Ridho Hasyim Pasuruan, menginstruksikan kepada Al Faqir untuk mendirikan Pondok Pesantren Ummul Quro, dilanjutkan pembangunan asrama kamar santri berbahan kayu dari bekas kayu gedung Madrasah yang direhab.

– Tahun 2016 :
Al Faqir mendapat ijin dari Al Allamah As Syeikh Dr Muhammad bin Ismail Az Zein Mekkah Al Mukarromah, untuk mengikuti semua kegiatan Majelis Khirrijil haromain (himpunan alumni haromain).

– Tahun 2016 :
Al Allamah As Syeikh Dr Muhammad bin Ismail Az Zein berkunjung ke rumah Al Faqir untuk meresmikan berdirinya Pondok Pesantren Ummul Quro.

– Tahun 2017 :
Al Faqir sowan ke KH TAUFIQUL HAKIM Jepara, Penemu Amtsilati, metode Cepat belajar membaca kitab kuning, dan mohon ijin untuk menerapkan metode Amtsilati di Pondok Pesantren Ummul Quro.

– Tahun 2017 :
Al Faqir mendirikan Pendidikan anak usia dini (PAUD UMMUL QURO) dan mendaftarkan ijin operasional ke Dinas Pendidikan Kab Bangkalan.

– Tahun 2017 :
Al Faqir mengirimkan 7 orang calon guru Al Qur’an ke Pengurus Qiro’ati cabang Surabaya, untuk belajar metode cepat belajar membaca Al Qur’an Qiro’ati, prosesnya berlangsung selama 1 tahun hingga mereka lulus Tashih dan mendapat syahadah guru Qiro’ati, dan dilaksanakan peresmian TPQ UMMUL QURO pada tahun 2018.

– Tahun 2018 :
Al Faqir bersama istri diundang oleh Bethel Collage University utk berkunjung ke Amerika Serikat, dalam rangka misi perdamaian dunia selama 1 bulan di sana.

– Tahun 2019 :
SMP UMMUL QURO mendapat bantuan dana rehab gedung dari kementerian pendidikan dan kebudayaan RI di Jakarta, utk menyelesaikan gedung selatan lantai 2 yg masih belum bisa ditempati.

– Tahun 2019 :
Al Faqir mendaftarkan dan ijin operasional pondok pesantren Ummul Quro ke Kementerian Agama RI. dan baru diterbitkan ijinnya pada awal tahun 2020.

Penulis :
Al Faqir Muhammad Nurullah Szein bin M Thohir bin Abdul Aziz bin Hafiluddin bin Abdurrohim.

Informasi lengkap WA 082333335073
(bukhoriimam)

Ummul Quro English Course, kursus Bahasa Inggris Ummul Quro

UmmulQuro.co.id-

Melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kian tak terbendung, maka dianggap perlu untuk mengimbangi dengan pendidikan dan pengajaran yang berbasis internasional, terutama di bidag bahasa, karena bahasa merupakan sarana paling utama dalam berkomunikasi.

Oleh karenanya, Pondok Pesantren Ummul Quro mulai membuka jalan untuk para santri dan masyarakat luas untuk belajar dan praktek bahasa Inggris bersama, dengan membuka kursus Bahasa Inggris, Ummul Quro English Course, yang kegiatan belajar mengajarnya dilaksanakan tiap hari Ahad pagi dan Jum’at sore.

Adalah Mr. Mike asal Amerika, beliau seorang dosen bahasa Inggris di salah satu kampus di Surabaya, saat sowan ke pengasuh PP Ummul Quro, beliau menyempatkan diri untuk menyapa dan memberikan sekedar pemantapan kepada para santri peserta kursus untuk semangat dan giat belajar bahasa Inggris yang menjadi bahasa yang dipakai oleh sebagian besar penduduk dunia.

Dalam kesempatan itu Mr Mike menyampaikan bahwa bahasa bukanlah ilmu, tapi hanya kebiasaan. Jadi semakin sering kita praktek dan meniru, maka semakin cepat kita menguasai suatu bahasa.

“Kursus Bahasa Inggris Ummul Quro ini selain untuk para santri, juga membuka kesempatan bagi para siswa SD, SMP, dan SMA dari luar untuk ikut belajar bersama” ujar Bapak Mosleh, sebagai salah satu pengajar di Ummul Quro English Course, lulusan salah satu kursus Bahasa Inggris di Pamekasan dan pare Kediri.

Harapan jangka panjangnya adalah, santri Ummul Quro siap menghadapi masa depan dengan bekal ilmu yang luas, serta keterampilan yang serba bisa dan berkomunikasi dengan baik sehingga bisa hidup bahagia dan sejahtera di masa depan mereka.
(Reporter : bukhoriimam)

UMMUL QURO Tour & Travel, Badan Usaha Milik Pesantren Ummul Quro

UmmulQuro.co.id,-

Sebagai langkah maju untuk kesejahteraan Pondok Pesantren Ummul Quro, kini telah dibuka badan Usaha di bidang tour travel, yang melayani berbagai macam transaksi online dan offline di bidang ticketing, payment, angsuran bulanan , dan berbagai transaksi online untuk memudahkan para pelanggan dengan biaya dan harga lebih murah dari yang murah.

Badan Usaha ini diberi label UMMUL QURO Tour & Travel, diharapkan bagi para wali santri, alumni, simpatisan, dan masyarakat luas untuk menyambut dan mendukung program ini, dengan bertransaksi dengan kami, mereka sudah berpartisipasi membantu perekonomian Pondok Pesantren Ummul Quro untuk pembangunan dan pengembangan sarana-sarana fasilitas penunjang demi kenyamanan santri dalam belajar.

Artinya, bertransaksi sambil beramal jariyah, oleh karenanya motto UMMUL QURO Tour & Travel adalah lebih murah, lebih mudah dan lebih berkah, karena mengandung pahala jariyah bagi pelanggan.

Adapun transaksi yang kami layani adalah :

1. BOOKING TIKET
Pesawat Terbang, Kereta Api, Hotel, PELNI, kapal Ferry, Bus Travel, Bus antar kota antar propinsi, Bioskop , Wisata, Water boom, Moto GP.

2. ISI ULANG
Pulsa All operator, Paket internet, Token listrik, GoPay, Grab Pay, E-money, Tap Cash, BRIZZI, Link Aja, OVO, DANA, Voucher game, Shoppe Pay, Tix id.

3. TAGIHAN BULANAN
PLN, PDAM, Telkom, PGN, BPJS, FIF, HP Pascabayar, Kredivo, Home Credits, Kartu kredit, TV Kabel.

4. LAYANAN JASA
MMBC Express, Tour, Asuransi, Donasi, Antar Jemput, Transfer Uang, Pajak Online, SPP Online

Bagi calon pelanggan di luar daerah atau luar pulau, diberi kemudahan dengan bertransaksi melalui no WA 082333335073 dan pembayaran bisa langsung ke gerai Alfamart terdekat di seluruh Indonesia.

(bukhoriimam)

Suasana kembalian santri Ummul Quro di tengah pandemi Covid-19

Cangkreng Timur, Ummul Quro.co.id

Hari Ahad, tanggal 15 Syawal 1441 H, atau 7 Juni 2020 adalah waktu yang ditetapkan untuk kembalian santri ke Pondok Pesantren Ummul Quro.

Pada tahun ajaran baru ini, kembalian santri ditetapkan sama dengan tahun sebelumnya, mengingat hasil pertemuan para pengasuh Pondok Pesantren se Kabupaten Bangkalan bersama Bupati di Pendopo agung Bangkalan, bahwa kembalian santri di Pondok Pesantren se Bangkalan diserahkan sepenuhnya kepada keputusan pengasuh masing-masing Pondok Pesantren, dengan syarat tetap mengikuti prosedur protokoler dari gugus tugas Covid-19.

Oleh karenanya, pengasuh PP-UQ menginstruksikan agar kembalian santri ditetapkan pada tanggal 15 Syawal, karena santri sudah terlalu lama libur dan menganggur di rumah sejak pertengahan bulan Sya’ban kemarin, maka dikhawatirkan, menyebabkan kekosongan rohani dari ilmu dan Ubudiyah keseharian di pesantren akan menjadikan hati mereka kering dan keras.

oleh karenanya, harus segera dikembalikan ke Pesantren supaya hati kembali segar dan hidup oleh siraman-siraman ilmu dan Ubudiyah keseharian di pondok pesantren.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka harus mengikuti prosedur protokoler dari satuan gugus tugas Covid-19, yang terdiri dari unsur pemerintah desa, puskesmas, Koramil dan Polsek.

Sebelum memasuki area Pesantren, santri diwajibkan melalui proses cek suhu badan, penyemprotan disinfektan dan hand sanitizer, cuci tangan, dan diberi obat-obatan vitamin C dan E.

“Langkah ini perlu dilakukan, mengingat santri Ummul Quro mayoritas berasal dari luar kecamatan dan luar daerah seperti propinsi Riau, Bekasi, Jepara, dll, bahkan ada yang dari kota Surabaya yang termasuk zona “hitam” rawan Corona, maka dikawatirkan akan berdampak penularannya kepada santri lain dan keluarga pengasuh Pondok Pesantren Ummul Quro” ujar Ust Taufik Ismail, sebagai ketua pengurus PP-UQ di bidang penanganan Covid-19.

Beliau juga berterimakasih kepada seluruh tim gugus tugas Covid-19, atas pengorbanan waktu dan tenaganya demi keamanan Pondok Pesantren Ummul Quro dari bahaya virus Corona yang menjadi wabah dunia saat ini.
(bukhoriimam)

AL-UMM Community adakan acara halal bihalal ke-2

Cangkreng Timur, Ummulquro.co.id

Persatuan Alumni Ummul Quro yang tergabung dalam AL-UMM Community (Komunitas Alumni Ummul Quro) mengadakan acara halal bihalal ke-2 yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 5 Syawal 1441 H atau 28 Mei 2020, di halaman rumah Bapak Mosleh, salah satu alumni Ummul Quro yang saat ini menjadi pengajar di SD Islam Ummul Quro.

Acara ini dikemas dengan majelis silaturahmi yang menghadirkan semua alumni lintas periode, dewan asatidz dan guru, pengasuh PP-UQ KH M Thohir Aziz, juga pendiri PP-UQ, Kyai Muhammad Nurullah Szein, yang menyampaikan taushiyah singkat kepada para alumni dan hadirin.

Dalam taushiyahnya, beliau menyampaikan pentingnya persatuan dalam organisasi, karena menjadi faktor utama suksesnya tujuan organisasi. Beliau juga menyampaikan tentang hakikat halal bihalal, Yaitu setelah dosa-dosa kepada Allah dihapus karena telah melaksanakan kewajiban ibadah puasa sebulan penuh, maka tinggal dosa kepada manusia yang tidak bisa dihapus kecuali dengan minta ridho dan mohon maaf kepada yang bersangkutan.

Beliau juga menyampaikan bahwa, faktor utama untuk sukses mencapai cita-cita itu, bukan karena nilai prestasi di kelas dan belajar di sekolah negeri atau sekolah favorit, tapi faktor utama adalah kesungguhan dalam menekuni suatu profesi dan jujur pada diri sendiri atau percaya diri dalam memulai suatu profesi. Karena terbukti, teman-teman beliau ketika sekolah dan mondok dulu, mereka yang tidak begitu menonjol nilai prestasi kelasnya, banyak yang menjadi orang sukses.

Di akhir taushiyahnya, beliau menyampaikan tentang pentingnya wali santri untuk memasrahkankan secara penuh dan total kepada para guru dalam pendidikan anaknya, tidak boleh banyak protes, karena guru itu bagi murid seperti dokter bagi pasien, guru lebih tahu tentang metode apa yang pas dan cocok untuk murid, maka sepantasnya jika orang tua murid pasrah penuh demi kelancaran anaknya dalam menuntut ilmu.

Acara ini berjalan sukses dan meriah berkat jerih payah para panitia dan pengurus AL-UMM Community yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan acara, dari dana acara sampai akomodasi dan kelengkapan acara demi suksesnya acara tahunan ini.

Menutup acara ini, pengasuh PP-UQ, KH M Thohir Aziz memberikan sekilas pesan kepada para Alumni, agar selalu berniat ikhlas dalam semua tindakan karena niat yang benar akan melancarkan semua cita-cita, setelah pesan itu, beliau membaca sholawat syarofal Anam dan do’a penutup.

Berikut ini galeri foto acara halal bihalal ke-2
AL-UMM Community :

(bukhoriimam)

Pondok Pesantren Ummul Quro, adakan program wajib hafal Al-Qur’an untuk siswa MA

ummulquro.co.id,-

Di tahun pelajaran 2019-2020, Seiring semakin bertambahnya santri dari berbagai propinsi dan kota di Indonesia, seperti Propinsi Riau, Kota Bekasi, Kabupaten Jepara, dan daerah-daerah lainya, Pondok Pesantren Ummul Quro semakin meningkatkan progam-program unggulan, demi memenuhi minat dan kebutuhan masyarakat luas untuk pendidikan anak-anak mereka.

Setelah sukses melaksanakan program wajib Qiro’ati bagi santri tingkat SD, program Amtsilati bagi santri tingkat SMP, Maka pada tahun pelajaran baru 2019-2020 ini, Pondok Pesantren Ummul Quro melaksanakan program unggulan baru, yaitu Wajib hafal Al-Qur’an bagi santri tingkat MA/SMA.

“Program Tahfidzul Qur’an ini sangat penting dilaksanakan, mengingat belakangan ini kemunduran akhlaq dan moral pemuda marak kita lihat di mana-mana, maka dengan hafal Al-Qur’an, anak-anak didik kita akan merasa malu dan tidak ada waktu untuk melakukan perbuatan yang kurang terpuji, karena hari-hari mereka akan dihiasi dengan ayat-ayat Al Qur’an yang mereka muroja’ah sepanjang hari, disamping juga prospek kedepannya sangat menjanjikan bagi penghafal Al-Qur’an, baik kesejahteraan dunia apalagi Akhirat” ujar Ust. Abdussalam, S. Pd, selaku Kepala MA Ummul Quro.

Sebagai penyambung sanad Tahfidz Al Qur’an, pengasuh PP Ummul Quro mengangkat Ust Zubairi Ilyas yang masih kerabat beliau, untuk menjadi guru pembimbing dan pentashih santri tahfidz.

Ust. Zubairi Ilyas adalah seorang hafidz Al Qur’an senior, lulusan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an di Peneleh Surabaya. yang sering diundang untuk mengisi acara-acara besar tingkat provinsi Jawa Timur.
(BukhoriImam)

Tahun ajaran baru ini, santri baru PP Ummul Quro berdatangan dari berbagai daerah di Nusantara

Ummulquro.co.id,-

Di awal tahun pelajaran baru 2019-2020, tepatnya di bulan Syawal 1440 H, Pondok Pesantren Ummul Quro kedatangan santri-santri baru dari berbagai daerah di Nusantara, di antaranya dari Provinsi Riau, Kota Bekasi, kabupaten Jepara, Kabupaten Pekalongan, Kota Surabaya, dan ada juga dari desa dan kecamatan sekitar.

Hal ini membuktikan, bahwa di usia 3 tahun, Pondok Pesantren Ummul Quro sudah dikenal oleh masyarakat luas, menurut Panitia Penerimaan santri baru, selama ini memang banyak yang menghubungi melalui telepon atau WhatsApp, dari berbagai daerah seperti Sumatera dan Jawa, baik sekedar tanya-tanya maupun yang serius ingin mendaftarkan anaknya ke Pondok Pesantren Ummul Quro.

Menurut Pengasuh PP-UQ, fenomena ini adalah berkah do’a dan dukungan dari para Ulama’, terutama Al Allamah As Syeikh Dr Muhammad bin Ismail Az Zein Mekkah Mukarromah, saat peresmian PP-UQ pada tahun 2016 kemarin.
Dalam peresmian tersebut, beliau mendoakan semoga Ummul Quro dimakmurkan dengan tamu-tamu Agung, diramaikan dengan santri-santri yang banyak, dan bisa menebarkan manfaat dan barokah pada masyarakat luas.

Juga dari Al Allamah Al Mursyid As syeikh Nuruddin bin Sa’duddin Al Murad Mursyid Thoriqoh As Syadziliyah dari Jeddah Saudi Arabia,beliau hadir di PP-UQ di bulan Rajab 1440 H kemarin dalam rangka ijazah sanad dan bai’at Thoriqoh As Syadziliyah kepada para santri dan masyarakat sekitar, dalam kesempatan itu beliau juga mendoakan semoga santri-santri Ummul Quro, oleh Allah dijadikan sebagai ulama’ yang Amilin.

(BukhoriImam)

RANGKAIAN ACARA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL 2018, DI PP-UQ

Hari Senin, tanggal 22 Oktober 2018, adalah hari yang sakral bagi kaum Pesantren, karena tanggal tersebut oleh Pemerintah ditetapkan sebagai hari santri Nasional untuk mengenang perjuangan para Kyai dan santri NU untuk mempertahankan kemerdekaan RI dari ancaman NICA yang diboncengi oleh Belanda untuk menjajah kembali Negara kita, yang lebih dikenal dengan Resolusi Jihad NU 22 Oktober 1945 silam.

Pondok Pesantren Ummul Quro, menggelar serangkaian acara dalam rangka memperingati hari santri Nasional 2018 ini, yaitu pada malam Senin tanggal 21 Oktober 2018, berlokasi di Musholla Ar Roudhoh, para santri Pondok Pesantren Ummul Quro mengadakan pembacaan sholawat Nariyah, yang dikemas dalam GEBYAR 1 MILIAR SHOLAWAT NARIYAH serentak di Pondok-pondok pesantren se-Indonesia atas instruksi PBNU di Jakarta, dengan harapan semoga Bangsa Indonesia diselamatkan oleh Allah dari bencana-bencana dhohir dan batin.

Pengasuh Pondok Pesantren Ummul Quro menyampaikan, “bahwa Bangsa Indonesia saat ini sedang digoncang oleh berbagai macam bencana dhohir dan batin, bencana dhohir ialah kejadian gempa Lombok, gempa Donggala, tsunami Palu, erupsi di Menado, dan lain-lain. Adapun bencana batin ialah, ramainya berita-berita hoax dan fitnah di yang viral di masyarakat awam, yang disebarkan oleh oknum-oknum tertentu, untuk menjelek-jelekkan orang yang tidak setujuan dengan mereka baik dalam politik maupun sosial kemasyarakatan, dari skala kampungan hingga skala Nasional. Maka dari itu, semoga dengan pembacaan sholawat Nariyah ini, bencana-bencana tersebut segera berakhir” ungkap beliau yang disampaikan saat sambutan sebelum acara dimulai.

Rangkaian acara berikutnya adalah, Upacara Bendera Peringatan Hari Santri Nasional, yang diadakan di halaman utama Pondok Pesantren Ummul Quro, pada pagi hari Senin, tanggal 22 Oktober 2018 setelah sholat Dhuha berjama’ah.

Upacara ini diikuti oleh seluruh santri dan siswa, dari tingkat PAUD, SDI, SMP, dan MA, serta seluruh jajaran dewan Guru dan pengurus Pondok Pesantren Ummul Quro.

Dalam amanah Pembina upacara, yang dipimpin langsung oleh pengasuh pondok pesantren Ummul Quro, Kyai Muhammad Nurullah Szein, beliau menyampaikan bahwa hari santri adalah momen penting yang harus diambil pelajaran sejarah bagi para santri masa kini, tentang pentingnya semangat membara dalam mencapai suatu tujuan, seorang santri di pondok pesantren, dididik dalam keadaan serba kekurangan, kekurangan makan, kekurangan tidur, kekurangan kesehatan, keterbatasan waktu senggang, dengan tujuan agar nanti ketika terjun di masyarakat, santri siap menghadapi apapun, dalam rangka menjadi pengayom dan pelayan masyarakat. Beliau juga menyampaikan, bahwa santri itu adalah orang yang berpegang teguh dengan Al Qur’an dan hadits, juga tidak menoleh ke kanan dan ke kiri, artinya tidak bangga dengan pujian, dan tidak risau dengan cacian. Itulah definisi santri menurut beliau.

Rangkaian acara Hari Santri ditutup dengan minum susu bersama untuk seluruh santri dan siswa, yaitu susu formula yang didatangkan dari donatur Yayasan untuk 8 kali minum setiap bulannya.

Reporter : Imam Bukhori

PCNU Bangkalan gelar Lailatul ijtima’di PP Ummul Quro

Malam Selasa, 29 Muharrom 1440 H / 08 Oktober 2018 M, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama’ Bangkalan menggelar acara Lailatul Ijtima’ di Pondok Pesantren Ummul Quro Cangkreng Timur Desa Karanganyar Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan, Acara ini dihadiri oleh Pengurus PCNU Bangkalan, Pengurus MWC NU Kwanyar, Pengurus Ranting NU Se-Kecamatan Kwanyar, pengurus Muslimat, Fatayat, GP Ansor, IPNU – IPPNU, Warga Nadliyyin dan Nahdliyyat, serta para Fakher’s Mania Se – Kabupaten Bangkalan.

Saat menyampaikan kata sambutan, Ketua Tanfidziyah MWC NU Kwanyar, KH. Ahmad Nawawi Hannan menjelaskan tentang pentingnya mengikuti arahan dan didikan ulama NU karena sanad keilmuan mereka bersambung hingga Rasulullah Saw.

Di akhir kata sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, “Kami pengurus MWC NU Kwanyar mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara besar ini, wabil khusus kepada Pengasuh Pondok Pesantren Ummul Quro, yang telah berkenan menjadi tuan rumah untuk acara Lailatul ijtima’ ini, kami hanya bisa mendo’akan, semoga Pondok Pesantren Ummul Quro, semakin maju pendidikannya semakin banyak dan berkah santrinya, sebab barokah Ulama’-ulama’ pendiri NU”, Ujarnya.

Ketua tanfidziyah PCNU Bangkalan, KH. Makki Nasir, M.Pd.I juga meberikan sambutan pada acara tersebut, Beliau menjelaskan tentang sejarah dan amaliyah-amaliyah NU, beliau juga berpesan dan mengajak pada semua warga nahdliyin untuk selalu menjaga, mengamalkan & melestarikan amaliyah-amaliyah yang telah diwariskan oleh para mu’assis NU.

Selaku shohibul bait, Kyai Muhammad Nurullah Szein (Pengasuh Pondok Pesantren Ummul Quro) menuturkan, “Acara Lailatul ijtima’ ini sangat penting diselenggarakan mengingat akhir-akhir ini banyak sekali warga NU nyaris meninggalkan NU karena kurangnya pemahaman mereka tentang NU, seandainya mereka sering berkumpul bersama, hadir di setiap kegiatan Lailatul ijtima’, maka mereka akan semakin faham tentang prinsip NU, yaitu prinsip Islam damai dan rahmatan Lil alamin”. ungkap beliau saat diwawancarai oleh reporter ummulquro.co.id

Acara diakhiri dengan pembacaan sholawat Habsyi oleh Rais Syuriah PCNU Bangkalan, RKH. Fakhrillah Aschal, serta dimeriahkan oleh Ahbabul Musthofa dan Fakher’s Mania Se Kabupaten Bangkalan.
Saat ramah tamah di akhir acara, beliau berterima kasih kepada Pengasuh, atas kesediaannya menjadi tuan rumah untuk acara ini.

Reporter : Imam Bukhori

Kunjungan Pendiri Pesantren Ummul Quro ke Amerika

Ummulquro.co.id,-

Chicago, USA.

Bulan Juli 2018 adalah bulan penuh berkah bagi Pondok Pesantren Ummul Quro, karena KH. Muhammad Nurullah Szein sebagai pengasuh, mendapat undangan kehormatan dari Bethel College University Indiana USA, yang diprakarsai oleh Dr. Vicki Debolt, seorang dosen di kampus tersebut.

Beliau bersama istri, terbang pada hari Minggu, tanggal 1 Juli 2018, jam 15.00 WIB dari Bandara Juanda Surabaya transit Jakarta dan Tokyo, kemudian mendarat di Bandara O’Hare International Airport kota Chicago USA, pada hari Senin Tanggal 2 Juli 2018 jam 2 siang waktu setempat.

Beliau diundang ke USA dalam rangka safari dakwah ke berbagai masjid, lembaga-lembaga kampus dan komunitas ummat beragama di sana untuk menyampaikan misi perdamaian dunia melalui konsep ajaran Islam yang cinta damai.

Beliau mengunjungi berbagai komunitas di kota-kota besar, di antaranya Chicago, Michigan, Ohio, dan Washington DC. Di sana beliau disambut dengan ramah dan penuh kekeluargaan dari setiap lokasi. Bahkan misi perdamaian dunia yang beliau sampaikan diterima oleh audiens, sehingga mereka mengerti dan terbuka pandangannya, yang selama ini kesan radikal dan teroris membayangi pengertian mereka tentang Islam.

Bahkan, di kota Cold Water, beliau sukses menyatukan visi misi World peace di komunitas Muslim dan komunitas Kristen di sana, untuk duduk bersama dan menciptakan hubungan ukhuwah Basyariah demi ketentraman dan kedamaian mereka untuk beribadah sesuai Agama masing-masing, dan kedua pihak ingin mendirikan badan silaturrahmi persatuan lintas Agama di kota tersebut, yang sebelumnya mereka segan untuk saling sapa apalagi bersilaturahmi.

“ini merupakan langkah awal dari misi ini, pelan tapi pasti, misi ini akan menyebar ke seluruh Amerika” kata Dr Vicki kepada beliau, karena dalam merintis suatu perjuangan mulia tidaklah mudah dan butuh waktu yang lama, oleh karena itu waktu sebulan, terlalu singkat untuk merampungkan misi ini.

Kegiatan safari dakwah ini berakhir pada tanggal 28 Juli, dan beliau pulang ke Indonesia pada tanggal 29 Juli 2018.

(bukhoriimam)