KRONOLOGI PERKEMBANGAN UMMUL QURO DARI MASA KE MASA

ummulquro.co.id,-
Berikut ini, penulis sampaikan Kronologi perkembangan Ummul Quro dari masa ke masa.

– Tahun 1977 :
KH ABDULLAH SCHAL Bangkalan, menginstruksikan kepada KH Thohir muda untuk mendirikan madrasah di Cangkreng Timur Kwanyar Bangkalan Madura, saat beliau pamitan boyong dari PP Syaikhona Kholil.

– Tahun 1991 :
perintah guru bisa terealisasi atas gagasan KH Abdul Aziz (Ayahanda KH M Thohir) sekaligus mewakafkan tanahnya untuk dibangun Gedung Madrasah. Walaupun masih berupa pondasi yg mangkrak hingga 2 tahun.

– Tahun 1993 :
pembangunan Madrasah dilanjutkan dari penggalangan dana sumbangan sukarela masyarakat sekitar dan dari penarikan dana seikhlasnya dari pengguna jalan raya Kwanyar Modung.

– Tahun 1994 :
peresmian Madrasah Ummul Quro oleh KH Mas Manshur Tholhah Sidoresmo Surabaya. sekaligus Haflah imtihan pertama

– Tahun 2004 :
Setelah boyong dari PP Syaikhona Kholil Bangkalan, Al Faqir menambahkan program pendidikan Al Qur’an dan pembacaan Qoshidah Burdah untuk murid Madrasah Ummul Quro.

– Tahun 2005 :
Al Faqir merintis pendidikan formal berupa SMP Terbuka yang berinduk pada SMP NEGERI 1 KWANYAR atas instruksi KH Badrus Sholeh Kwanyar (Ketua MWC NU Kwanyar).

– Tahun 2006 :
Al Faqir merintis pembangunan Musholla Ar Roudhoh bersama masyarakat sekitar, dengan mulai mencetak batu bata sendiri sebanyak 10 ribu Batang, dan pembangunan Musholla rampung pada tahun 2007, atas sumbangan para dermawan dan bantuan Bapak Bupati Bangkalan (RKH FUAD AMIN IMRON)

– Tahun 2007 :
Al Faqir mendirikan Yayasan Ummul Quro dengan mendaftarkan akte yayasan ke notaris.

– Tahun 2008 :
Al Faqir mengajukan ijin pendirian SD Islam Ummul Quro dan SMP Ummul Quro ke Dinas Pendidikan Kab Bangkalan,
walaupun Ijin operasional SD Islam Ummul Quro baru diterbitkan pada tahun 2009 karena terkendala persyaratan yang belum terpenuhi.

– Tahun 2010 :
Al Faqir mendirikan Madrasah Diniyah tingkat wustho dan mendaftarkan ijin operasional madrasah Diniyah Tingkat Awwaliyah dan Tingkat Wustho ke Kementerian Agama Kab Bangkalan

– Tahun 2013 :
Seorang anggota polisi Saudi Arabia menyumbangkan dana untuk merehab dan memperindah Musholla Ar Roudhoh dan melengkapi fasilitasnya.

– Tahun 2014 :
SMP UMMUL QURO mendapat dana bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta, untuk pembangunan gedung selatan berlantai 2.

– Tahun 2014 :
Al Faqir mendapat hadiah pusaka, berupa tanah pusaka dari kamar dalem Syaikhona Kholil dari RKH FAKHRILLAH ASCHAL untuk dicampur dengan tanah Ummul Quro.

– Tahun 2015 :
SD ISLAM UMMUL QURO mendapat bantuan dana dari kementerian pendidikan dan kebudayaan RI di Jakarta untuk merehab gedung lama Madrasah Ummul Quro.

– Tahun 2015 :
KH Mas Ali Ridho Hasyim Pasuruan, menginstruksikan kepada Al Faqir untuk mendirikan Pondok Pesantren Ummul Quro, dilanjutkan pembangunan asrama kamar santri berbahan kayu dari bekas kayu gedung Madrasah yang direhab.

– Tahun 2016 :
Al Faqir mendapat ijin dari Al Allamah As Syeikh Dr Muhammad bin Ismail Az Zein Mekkah Al Mukarromah, untuk mengikuti semua kegiatan Majelis Khirrijil haromain (himpunan alumni haromain).

– Tahun 2016 :
Al Allamah As Syeikh Dr Muhammad bin Ismail Az Zein berkunjung ke rumah Al Faqir untuk meresmikan berdirinya Pondok Pesantren Ummul Quro.

– Tahun 2017 :
Al Faqir sowan ke KH TAUFIQUL HAKIM Jepara, Penemu Amtsilati, metode Cepat belajar membaca kitab kuning, dan mohon ijin untuk menerapkan metode Amtsilati di Pondok Pesantren Ummul Quro.

– Tahun 2017 :
Al Faqir mendirikan Pendidikan anak usia dini (PAUD UMMUL QURO) dan mendaftarkan ijin operasional ke Dinas Pendidikan Kab Bangkalan.

– Tahun 2017 :
Al Faqir mengirimkan 7 orang calon guru Al Qur’an ke Pengurus Qiro’ati cabang Surabaya, untuk belajar metode cepat belajar membaca Al Qur’an Qiro’ati, prosesnya berlangsung selama 1 tahun hingga mereka lulus Tashih dan mendapat syahadah guru Qiro’ati, dan dilaksanakan peresmian TPQ UMMUL QURO pada tahun 2018.

– Tahun 2018 :
Al Faqir bersama istri diundang oleh Bethel Collage University utk berkunjung ke Amerika Serikat, dalam rangka misi perdamaian dunia selama 1 bulan di sana.

– Tahun 2019 :
SMP UMMUL QURO mendapat bantuan dana rehab gedung dari kementerian pendidikan dan kebudayaan RI di Jakarta, utk menyelesaikan gedung selatan lantai 2 yg masih belum bisa ditempati.

– Tahun 2019 :
Al Faqir mendaftarkan dan ijin operasional pondok pesantren Ummul Quro ke Kementerian Agama RI. dan baru diterbitkan ijinnya pada awal tahun 2020.

Penulis :
Al Faqir Muhammad Nurullah Szein bin M Thohir bin Abdul Aziz bin Hafiluddin bin Abdurrohim.

Informasi lengkap WA 082333335073
(bukhoriimam)