Gambar

KRONOLOGI PERKEMBANGAN UMMUL QURO DARI MASA KE MASA

ummulquro.co.id,-
Berikut ini, penulis sampaikan Kronologi perkembangan Ummul Quro dari masa ke masa.

– Tahun 1977 :
KH ABDULLAH SCHAL Bangkalan, menginstruksikan kepada KH Thohir muda untuk mendirikan madrasah di Cangkreng Timur Kwanyar Bangkalan Madura, saat beliau pamitan boyong dari PP Syaikhona Kholil.

– Tahun 1991 :
perintah guru bisa terealisasi atas gagasan KH Abdul Aziz (Ayahanda KH M Thohir) sekaligus mewakafkan tanahnya untuk dibangun Gedung Madrasah. Walaupun masih berupa pondasi yg mangkrak hingga 2 tahun.

– Tahun 1993 :
pembangunan Madrasah dilanjutkan dari penggalangan dana sumbangan sukarela masyarakat sekitar dan dari penarikan dana seikhlasnya dari pengguna jalan raya Kwanyar Modung.

– Tahun 1994 :
peresmian Madrasah Ummul Quro oleh KH Mas Manshur Tholhah Sidoresmo Surabaya. sekaligus Haflah imtihan pertama

– Tahun 2004 :
Setelah boyong dari PP Syaikhona Kholil Bangkalan, Al Faqir menambahkan program pendidikan Al Qur’an dan pembacaan Qoshidah Burdah untuk murid Madrasah Ummul Quro.

– Tahun 2005 :
Al Faqir merintis pendidikan formal berupa SMP Terbuka yang berinduk pada SMP NEGERI 1 KWANYAR atas instruksi KH Badrus Sholeh Kwanyar (Ketua MWC NU Kwanyar).

– Tahun 2006 :
Al Faqir merintis pembangunan Musholla Ar Roudhoh bersama masyarakat sekitar, dengan mulai mencetak batu bata sendiri sebanyak 10 ribu Batang, dan pembangunan Musholla rampung pada tahun 2007, atas sumbangan para dermawan dan bantuan Bapak Bupati Bangkalan (RKH FUAD AMIN IMRON)

– Tahun 2007 :
Al Faqir mendirikan Yayasan Ummul Quro dengan mendaftarkan akte yayasan ke notaris.

– Tahun 2008 :
Al Faqir mengajukan ijin pendirian SD Islam Ummul Quro dan SMP Ummul Quro ke Dinas Pendidikan Kab Bangkalan,
walaupun Ijin operasional SD Islam Ummul Quro baru diterbitkan pada tahun 2009 karena terkendala persyaratan yang belum terpenuhi.

– Tahun 2010 :
Al Faqir mendirikan Madrasah Diniyah tingkat wustho dan mendaftarkan ijin operasional madrasah Diniyah Tingkat Awwaliyah dan Tingkat Wustho ke Kementerian Agama Kab Bangkalan

– Tahun 2013 :
Seorang anggota polisi Saudi Arabia menyumbangkan dana untuk merehab dan memperindah Musholla Ar Roudhoh dan melengkapi fasilitasnya.

– Tahun 2014 :
SMP UMMUL QURO mendapat dana bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta, untuk pembangunan gedung selatan berlantai 2.

– Tahun 2014 :
Al Faqir mendapat hadiah pusaka, berupa tanah pusaka dari kamar dalem Syaikhona Kholil dari RKH FAKHRILLAH ASCHAL untuk dicampur dengan tanah Ummul Quro.

– Tahun 2015 :
SD ISLAM UMMUL QURO mendapat bantuan dana dari kementerian pendidikan dan kebudayaan RI di Jakarta untuk merehab gedung lama Madrasah Ummul Quro.

– Tahun 2015 :
KH Mas Ali Ridho Hasyim Pasuruan, menginstruksikan kepada Al Faqir untuk mendirikan Pondok Pesantren Ummul Quro, dilanjutkan pembangunan asrama kamar santri berbahan kayu dari bekas kayu gedung Madrasah yang direhab.

– Tahun 2016 :
Al Faqir mendapat ijin dari Al Allamah As Syeikh Dr Muhammad bin Ismail Az Zein Mekkah Al Mukarromah, untuk mengikuti semua kegiatan Majelis Khirrijil haromain (himpunan alumni haromain).

– Tahun 2016 :
Al Allamah As Syeikh Dr Muhammad bin Ismail Az Zein berkunjung ke rumah Al Faqir untuk meresmikan berdirinya Pondok Pesantren Ummul Quro.

– Tahun 2017 :
Al Faqir sowan ke KH TAUFIQUL HAKIM Jepara, Penemu Amtsilati, metode Cepat belajar membaca kitab kuning, dan mohon ijin untuk menerapkan metode Amtsilati di Pondok Pesantren Ummul Quro.

– Tahun 2017 :
Al Faqir mendirikan Pendidikan anak usia dini (PAUD UMMUL QURO) dan mendaftarkan ijin operasional ke Dinas Pendidikan Kab Bangkalan.

– Tahun 2017 :
Al Faqir mengirimkan 7 orang calon guru Al Qur’an ke Pengurus Qiro’ati cabang Surabaya, untuk belajar metode cepat belajar membaca Al Qur’an Qiro’ati, prosesnya berlangsung selama 1 tahun hingga mereka lulus Tashih dan mendapat syahadah guru Qiro’ati, dan dilaksanakan peresmian TPQ UMMUL QURO pada tahun 2018.

– Tahun 2018 :
Al Faqir bersama istri diundang oleh Bethel Collage University utk berkunjung ke Amerika Serikat, dalam rangka misi perdamaian dunia selama 1 bulan di sana.

– Tahun 2019 :
SMP UMMUL QURO mendapat bantuan dana rehab gedung dari kementerian pendidikan dan kebudayaan RI di Jakarta, utk menyelesaikan gedung selatan lantai 2 yg masih belum bisa ditempati.

– Tahun 2019 :
Al Faqir mendaftarkan dan ijin operasional pondok pesantren Ummul Quro ke Kementerian Agama RI. dan baru diterbitkan ijinnya pada awal tahun 2020.

Penulis :
Al Faqir Muhammad Nurullah Szein bin M Thohir bin Abdul Aziz bin Hafiluddin bin Abdurrohim.

Informasi lengkap WA 082333335073
(bukhoriimam)

Ummul Quro English Course, kursus Bahasa Inggris Ummul Quro

UmmulQuro.co.id-

Melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kian tak terbendung, maka dianggap perlu untuk mengimbangi dengan pendidikan dan pengajaran yang berbasis internasional, terutama di bidag bahasa, karena bahasa merupakan sarana paling utama dalam berkomunikasi.

Oleh karenanya, Pondok Pesantren Ummul Quro mulai membuka jalan untuk para santri dan masyarakat luas untuk belajar dan praktek bahasa Inggris bersama, dengan membuka kursus Bahasa Inggris, Ummul Quro English Course, yang kegiatan belajar mengajarnya dilaksanakan tiap hari Ahad pagi dan Jum’at sore.

Adalah Mr. Mike asal Amerika, beliau seorang dosen bahasa Inggris di salah satu kampus di Surabaya, saat sowan ke pengasuh PP Ummul Quro, beliau menyempatkan diri untuk menyapa dan memberikan sekedar pemantapan kepada para santri peserta kursus untuk semangat dan giat belajar bahasa Inggris yang menjadi bahasa yang dipakai oleh sebagian besar penduduk dunia.

Dalam kesempatan itu Mr Mike menyampaikan bahwa bahasa bukanlah ilmu, tapi hanya kebiasaan. Jadi semakin sering kita praktek dan meniru, maka semakin cepat kita menguasai suatu bahasa.

“Kursus Bahasa Inggris Ummul Quro ini selain untuk para santri, juga membuka kesempatan bagi para siswa SD, SMP, dan SMA dari luar untuk ikut belajar bersama” ujar Bapak Mosleh, sebagai salah satu pengajar di Ummul Quro English Course, lulusan salah satu kursus Bahasa Inggris di Pamekasan dan pare Kediri.

Harapan jangka panjangnya adalah, santri Ummul Quro siap menghadapi masa depan dengan bekal ilmu yang luas, serta keterampilan yang serba bisa dan berkomunikasi dengan baik sehingga bisa hidup bahagia dan sejahtera di masa depan mereka.
(Reporter : bukhoriimam)

UMMUL QURO Tour & Travel, Badan Usaha Milik Pesantren Ummul Quro

UmmulQuro.co.id,-

Sebagai langkah maju untuk kesejahteraan Pondok Pesantren Ummul Quro, kini telah dibuka badan Usaha di bidang tour travel, yang melayani berbagai macam transaksi online dan offline di bidang ticketing, payment, angsuran bulanan , dan berbagai transaksi online untuk memudahkan para pelanggan dengan biaya dan harga lebih murah dari yang murah.

Badan Usaha ini diberi label UMMUL QURO Tour & Travel, diharapkan bagi para wali santri, alumni, simpatisan, dan masyarakat luas untuk menyambut dan mendukung program ini, dengan bertransaksi dengan kami, mereka sudah berpartisipasi membantu perekonomian Pondok Pesantren Ummul Quro untuk pembangunan dan pengembangan sarana-sarana fasilitas penunjang demi kenyamanan santri dalam belajar.

Artinya, bertransaksi sambil beramal jariyah, oleh karenanya motto UMMUL QURO Tour & Travel adalah lebih murah, lebih mudah dan lebih berkah, karena mengandung pahala jariyah bagi pelanggan.

Adapun transaksi yang kami layani adalah :

1. BOOKING TIKET
Pesawat Terbang, Kereta Api, Hotel, PELNI, kapal Ferry, Bus Travel, Bus antar kota antar propinsi, Bioskop , Wisata, Water boom, Moto GP.

2. ISI ULANG
Pulsa All operator, Paket internet, Token listrik, GoPay, Grab Pay, E-money, Tap Cash, BRIZZI, Link Aja, OVO, DANA, Voucher game, Shoppe Pay, Tix id.

3. TAGIHAN BULANAN
PLN, PDAM, Telkom, PGN, BPJS, FIF, HP Pascabayar, Kredivo, Home Credits, Kartu kredit, TV Kabel.

4. LAYANAN JASA
MMBC Express, Tour, Asuransi, Donasi, Antar Jemput, Transfer Uang, Pajak Online, SPP Online

Bagi calon pelanggan di luar daerah atau luar pulau, diberi kemudahan dengan bertransaksi melalui no WA 082333335073 dan pembayaran bisa langsung ke gerai Alfamart terdekat di seluruh Indonesia.

(bukhoriimam)

Suasana kembalian santri Ummul Quro di tengah pandemi Covid-19

Cangkreng Timur, Ummul Quro.co.id

Hari Ahad, tanggal 15 Syawal 1441 H, atau 7 Juni 2020 adalah waktu yang ditetapkan untuk kembalian santri ke Pondok Pesantren Ummul Quro.

Pada tahun ajaran baru ini, kembalian santri ditetapkan sama dengan tahun sebelumnya, mengingat hasil pertemuan para pengasuh Pondok Pesantren se Kabupaten Bangkalan bersama Bupati di Pendopo agung Bangkalan, bahwa kembalian santri di Pondok Pesantren se Bangkalan diserahkan sepenuhnya kepada keputusan pengasuh masing-masing Pondok Pesantren, dengan syarat tetap mengikuti prosedur protokoler dari gugus tugas Covid-19.

Oleh karenanya, pengasuh PP-UQ menginstruksikan agar kembalian santri ditetapkan pada tanggal 15 Syawal, karena santri sudah terlalu lama libur dan menganggur di rumah sejak pertengahan bulan Sya’ban kemarin, maka dikhawatirkan, menyebabkan kekosongan rohani dari ilmu dan Ubudiyah keseharian di pesantren akan menjadikan hati mereka kering dan keras.

oleh karenanya, harus segera dikembalikan ke Pesantren supaya hati kembali segar dan hidup oleh siraman-siraman ilmu dan Ubudiyah keseharian di pondok pesantren.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka harus mengikuti prosedur protokoler dari satuan gugus tugas Covid-19, yang terdiri dari unsur pemerintah desa, puskesmas, Koramil dan Polsek.

Sebelum memasuki area Pesantren, santri diwajibkan melalui proses cek suhu badan, penyemprotan disinfektan dan hand sanitizer, cuci tangan, dan diberi obat-obatan vitamin C dan E.

“Langkah ini perlu dilakukan, mengingat santri Ummul Quro mayoritas berasal dari luar kecamatan dan luar daerah seperti propinsi Riau, Bekasi, Jepara, dll, bahkan ada yang dari kota Surabaya yang termasuk zona “hitam” rawan Corona, maka dikawatirkan akan berdampak penularannya kepada santri lain dan keluarga pengasuh Pondok Pesantren Ummul Quro” ujar Ust Taufik Ismail, sebagai ketua pengurus PP-UQ di bidang penanganan Covid-19.

Beliau juga berterimakasih kepada seluruh tim gugus tugas Covid-19, atas pengorbanan waktu dan tenaganya demi keamanan Pondok Pesantren Ummul Quro dari bahaya virus Corona yang menjadi wabah dunia saat ini.
(bukhoriimam)

Tata cara pendaftaran santri baru PP Ummul Quro

UmmulQuro.co.id,-
Selama masa darurat COVID-19, Pondok Pesantren Ummul Quro menerima pendaftaran santri baru secara online melalui WA 082333335073, dengan kata kunci DAFTAR

Untuk kepastian waktu berangkat ke Pondok Pesantren Ummul Quro bagi calon santri baru, akan diinfokan menyusul setelah situasi dinyatakan aman.

Baca dan pahami Alur Pendaftaran Santri Baru

SYARAT PENDAFTARAN
– Sanggup melaksanakan semua tata tertib PP. Ummul Quro

– Mengisi Formulir Pendaftaran ulang di kantor Pondok Pesantren Ummul Quro

– Melampirkan fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan KTP kedua orang tua/wali.

– Menyertakan surat keterangan sehat dari dokter/bidan.

– Menyertakan foto copy ijazah terakhir.

– Melunasi biaya-biaya yang ditetapkan.

– Sowan ke Pengasuh dengan diantar oleh orang tua / wali / wakil wali.

BIAYA ADMINISTRASI PENDAFTARAN
– Biaya Pendaftaran Pondok Pesantren
Uang Pendaftaran Rp. 50.000
Uang makan 3 kali tiap hari perbulan Rp. 320.000,-
Infaq wajib bulanan Rp. 30.000
Ujian Semester Rp. 20.000
Raport Rp. 15.000
JUMLAH Rp. 425.000,-

– Biaya Pendidikan Amtsilati
1 Peket buku Pelajaran & kamus Rp. 250.000
Ujian Amtsilati Rp. 30.000
Infaq bulanan Rp. 30.000
JUMLAH Rp. 310.000,-

– Biaya Pendidikan Qiro’ati
1 buku Pelajaran jilid I Rp. 16.000,-
Ujian Qiro’ati Rp. 20.000,-
Infaq bulanan Qiro’ati Rp. 30.000
JUMLAH Rp. 66.000,-

– Biaya penddidikan PAUD, SDI, SMP dan MA, GRATIS

– Hal-hal yang belum jelas, bisa ditanyakan langsung saat pendaftaran ulang di kantor Pondok Pesantren Ummul Quro

UNIT PENDIDIKAN
1. FORMAL
– PAUD Ummul Quro
– SD Islam Ummul Quro
– SMP Ummul Quro
– MA Ummul Quro

2. NON FORMAL
– Madrasah Diniyah Awwaliyah & Wustho
– Kajian Kitab Kuning Amtsilati
– Taman Pendidikan Al-Qur’an Qiro’ati
– Program Tahfidzul Qur’an

3. KEGIATAN EKSTRA
– Perguruan Pencak silat
– Kursus Bahasa Asing
– Sanggar seni & budaya
– Pelatihan pengobatan Thibbun Nabawi

4. UBUDIYAH
– Jama’ah Maulid Habsyi
– Jama’ah Qoshidah Burdah
– Jama’ah Maulid Diba’iyah
– Jama’ah Yasin Tahlil
– Jama’ah Rotibul Haddad

CONTAC PERSON :
087771817111
082333335073
(By bukhoriimam)

Perguruan Pencak Silat Garuda Bambu Runcing Cabang Madura

Program ini, bekerja sama dengan Lembaga seni beladiri Garuda Bambu Runcing (LGBR) dari Pesantren Kiyai Parak Bambu Runcing Parakan Temanggung Jawa Tengah yang berisi pembelajaran beladiri aliran Pangeran Benowo Putra Jaka Tingkir, diadakan tiap seminggu dua kali dalam rangka mendidik santri menjadi generasi yang kuat mental dan fisiknya.

14500524_652350964924193_8716851052169171901_o

Sampai sekarang, sudah mempunyai tiga tingkatan kelas belajar mulai dari sabuk hitam, sabuk kuning, dan sabuk hijau. tinggal sabuk putih, merah, dan putih kain kafan yang belum dicapai oleh peserta didik.

img_20160313_061455